-->

Wednesday, March 21, 2018

10 Kejadian Hujan Ikan, Lebih Seru dari Hujan Duit Kali ya..

author photo
Fenomena alam hujan ikan memang benar-benar terjadi di beberapa negara seperti dilansir oleh Listverse.  Menurut Dr.Randy dalam bukunya berjudul "Freaks of the Storm" (Badai-Badai Aneh) mencatat bahwa hasil pengamatan menduga bahwa penyebab hujan ikan adalah saat angin puting-beliung terjadi mengangkat air (bisa dari laut, kolam, danau, sungai) dan kekuatannya juga mengangkat ikan yang ada, dan kemudian saat airnya terurai, ikan-ikan yang terangkat jadi jatuh ke bumi.  

Meskipun saat ini misteri hujan ikan merupakan sebuah fenomena yang sulit dijelaskan secara ilmiah oleh para peneliti.  

10. Lajamanu, Australia

Diujung gurun Tanami, 550 Km jauhnya dari kota Katherine, ada sebuah kota kecil bernama Lajamanu. Kota ini menjadi penerima hujan ikan sedikitnya  tiga (3) kali dalam sejarah, yakni 1974, 2004 dan tahun 2010.  Ikan-ikan yang jatuh adalah ikan kecil dan masih hidup, meskipun ikan-ikan tersebut telah berada di udara selama ratusan jam.  

Sementara itu, sumber air yang ada terdekat dari kota Lajamanu adalah danau Argyle dan danau Eliot, yang berada sangat jauh dari kota tersebut.  Sungai yang terdekat dari kota Lajamanu saja berjarak lebih dari 480 Km jauhnya.  Nah, bingung kan..? Dari mana sih? hujan ikan itu bisa datang?

Penduduk sekitar yang kejatuhan hujan ikan tentu saja sangat senang melihat kemilau sisik ikan-ikan tersebut betebaran di mana-mana.  Akhirnya, mereka ya... tidak perlu memancing.. cukup dengan memunguti ikan-ikan tersebut dari hamparan luas lapangan bola.

9.Tampico Mexico

Saat itu ramalan cuaca mengatakan bahwa cuaca akan "sedikit hujan" kepada masyarakat kota Tampico.  Sepertinya mereka lupa mengatakan akan terjadi hujan ikan kecil :)

Pada 26 September 2017, hujan kecil seperti air kucuran mandi shower benar-benar terjadi dengan membawa juga kumpulan ikan kecil-kecil di Tampico.  Sementara itu tidak ada orang yang berlari-larian membawa ember mereka untuk mengambil ikan-ikan tersebut.

Pedro Granados, Direktur penanggung jawab perlindungan masyarakat menyatakan bahwa kejadian aneh hujan ikan tersebut mungkin saja akhir dari dunia. "Saya tidak tahu, kalau ini mungkin efek dari perubahan iklim juga". Beliau juga mengatakan bahwa di daerahnya ada, topan, badai, hujan, banjir, gempa bumi, gerhana bulan dan matahari, akan tetapi kejadian alam tersebut (hujan ikan) merupakan kejadian aneh yang terjadi di daerahnya.

8. Komanapalli And Singuripeta, India

Penduduk kampung Komanapalli dan Singuripeta di distrik Srikakulam, India, nampaknya merasa senang dan terkejut sekali saat Badai Topan Roanu tidak membuat kediaman mereka hancur, akan tetapi malah menerima kucuran hujan ikan yang deras dan segera saja memenuhi hampir semua kebun-kebun disekitar mereka.

Pada bulan May 2016, masyarakat merasa senang dengan jatuhnya ikan-ikan segar di tanah kebun-kebun mereka.  Atas ijin departemen perikanan, penduduk sekitar dengan cepat memunguti hujan ikan yang berlangsung selama 1.30 menit tersebut dan membawa pulang ikan-ikan tersebut pulang untuk dimasak.

Anehnya, semua ikan yang jatuh tersebut, masih dalam kondisi hidup, diduga berasal dari  badai topan yang terjadi yang mengangkat ikan-ikan tersebut dari kolam terdekat dan menjatuhkannya bersamaan dengan air hujan.

7. Dire Dawa, Ethiopia

Negara ini menderita berkepanjangan akibat kemarau panjang dan krisis ekonomi yang terjadi.  Dire Dawa merupakan sebuah kota dengan setengah juta lebih penduduknya di Etiopia.  

Pada bulan Januari 2016, Warga yang menderita akibat kemarau panjang yang terjadi dikejutkan, saat ikan-ikan besar jatuh dari langit bersamaan dengan hujan rintik-rintik. Hujan ikan deras yang terjadi tersebut menyirami hampir semua bagian kota, dan tentu saja penduduk lokal sangat berbahagia sekali untuk mengumpulkannya sebagai bahan makanan yang bergizi.

Tidak seperti cerita hujan ikan di daerah lain, ikan yang jatuh tersebut benar-benar berasal dari langit yang memang tidak mendung, ataupun berawan.  Saat terjadi, tidak ada satupun fenomena alam seperti topan, badai berlangsung.  Bagian Humas kementrian perikanan mengatakan bahwa peristiwa yang terjadi tersebut merupakan hasil campur tangan Tuhan dan juga sebagai anugerah dari-Nya.

6. Loreto, Philippines

Jaunari 2012, penduduk propinsi Agusan del Sur mengalami kejadian tidak biasa dengan jatuhnya ikan-ikan segar dari langit.

Ikan yang jatuh beserta hujan di kota Loreto merupakan ikan lumpur yang kecil-kecil, dan hanya 72 ikan saja yang hidup saat jatuh dari gumpalan awan.  Ikan yang masih hidup tersebut, akhirnya diteliti lebih lanjut oleh pemerintah setempat.

Mereka menyakini bahwa ikan lumpur tersebut tersedot ke atas saat badai topan melanda dan tetap berenang dibagian awan yang tebal.

5. Knighton, Wales

Sebuah perkumpulan penulis yang sedang mengadakan pertemuan pada 18 Agustus 2004 dikejutkan saat mereka menemukan hujan deras yang turun tidak cuma berisi air, akan tetapi terdapat ikan-ikan mini tepat di tengah-tengah kota mereka.

Beberapa ikan tersebut masih hidup saat jatuh, akan tetapi tak berlangsung lama, saat mereka sampai di tanah ikan-ikan tersebut pun langsung mati.  

Ikan-ikan kecil tersebut nampaknya telah mengalami perjalan yang panjang, sedikitnya sekitar 80 Km jauhnya dari sebuah pantai terdekat dari kota tersebut.

4. Oroville, California

Hujan ikan ini terjadi pada 16 Mei 2017 di Oroville, California. Merupakan sebuah peristiwa yang misterisu dan menimbulkan sedikit kecurigaan.

Kejadiannya berlangsung di Sekolah Dasar Standford Avenue , dan yang dicurigai adalah.. yah, setiap orang.  Saat pengawas kampus memperhatikan dan mengamati, menemukan bahwa semua ikan tersebut ada di sekitar kampus.  Ikan-ikan tersebut tergeletak di tanah.  Dan, saat melakukan pengecekan dibagian atap, ada banyak ikan juga di atapnya.  Akan tetapi, tidak ada satupun yang mendengar ikan-ikan tersebut jatuh dari langit.

Dugaan awal, mungkin teroris, akan tetapi tidak ada tanda-tanda penyusup.  Apakah kejadian ini candaan? Nampaknya, jawabannya juga tidak mungkin.  Tidak ada satupun burung yang mungkin menjatuhkan ikan segitu banyaknya, dan ikan-ikan tersebut utuh, tidak terdapat tanda-tanda telah dimakan.

Lalu, dari mana ikan-ikan tersebut berasal? Apakah dari tempat pembibitan ikan? akan tetapi, saat kejadian tidak ada ada jadwal penghantaran? dan apakah dari pesawat? juga tidak, sebab tidak satupun pesawat yang sedang mengudara di langit kota tersebut saat kejadian. 

Jawaban paling memungkinkan adalah terjadi hujan ikan, dan mereka tidak menyadarinya, dikarenakan kecilnya ikan yang ikut terjatuh tersebut beserta air hujan yang deras.

3. Nallur, Sri Lanka

Berita di kota ini menjadi halaman utama koran pada November 2017.

Kejadian luar biasa ini terjadi pertama kali saat musim hujan berlangsung.  Saat itu daerah tersebut terkena hujan deras dan badai petir.  Ikan-ikan yang jatuh kemudian dikumpulkan oleh penduduk sekitar dan tentu saja menyambut baik datangnya ikan tersebut sebagai makanan gratis.

Para saksi mengatakan bahwa hujan ikan terjadi pada tiga tahun terakhir dan penduduk sekitar dengan senang hati mengumpulkannya dan memasaknya kemudian. 

2. Fairbanks, Alaska

Ikan-ikan kecil jatuh dari langit sepertinya hal yang lucu dan aneh.  Ikan yang besar bisa saja menjadi santapan yang mengenyangkan.  Hujan ikan besarpun akan menjadi masalah jika jatuh dilahan kita dan tidak dibuang berakibat bau busuk yang menyengat.

Namun "Lamprey" (hewan laut seperti belut yang biasa menyedot darah dan cairan hewan laut lainnya) jatuh dari langit, tentu saja merupakan hal yang sangat mengerikan.
Lamprey laut memakan mangsanya dengan cara menempelkan mulut yang seperti cororng melingkar ke badan ikan, pada corong mulutnya diisi oleh gigi gigi tajam. Hal ini membuat mereka digolongkan kedalam makhluk parasit. Mereka akan membuat lubang di sisi tubuh hewan apa pun yang mereka temui sehingga darah darah dan cairan yang ada dalam tubuh ikan akan habis. lamprey akan menghisap apapus pada mangsanya selama berjam-jam, hari, dan kadang  berminggu-minggu. Tergantung pada ukuran ikan,semakin besar ikan yang akan dimangsa maka semakin lama lamprey akan menghisap darah dan cairan mangsanya tersebut, sementara yang lebih kecil mungkin akan mati secepat mungkin karena infeksi dari luka yang diakibatkan lamprey.
Juni 2015, penduduk Fairbanks, Alaska, dikejutkan dengan jatuhnya Lamprey.

Memang hanya empat dari mahluk mengerikan ini yang ditemukan, dan hanya satu saja yang masih hidup.  Jatuh pertama kali di area parkir dan diletakkan dalam ember.

Departemen Perikanan mengatakan bahwa Lamprey yang terjatuh dari atas itu kemungkinan dibawa terbang oleh burung camar yang memakannya.

1. Yoro, Honduras

Mungkin, hanya ada satu tempat di dunia ini yang daftar hujan ikan bahkan penduduknya pun menunggunya.  Lluvia de Peces (Hujan ikan) telah terjadi sedikitnya sekali dalam setahun sejak tahun 1800-an.

Setiap bulan Mei atau Juni, penduduk setempat menyakini bahwa badai akan datang dan membawa ikan-ikan tersebut di jalanan kota Yoro.  Maka, mereka dengan senangnya mengumpulkan ikan tersebut dan merupakan makanan yang banyak ditunggu masyarakat kota itu.

Faktor yang memungkinkan terjadinya fenomena ini adalah  terjadinya angin puting-beliung.  Saat ini terjadi, ikan-ikan akan tersedot dan terbawa angin untuk kemudian akan terjatuh kembali.  Meskipun, masyarakat juga menyakini bahwa terjadinya hujan ikan tersebut merupakan anugerah dari Tuhan.

Ikan-ikan yang terjatuh juga berbeda spisiesnya setiak tahun yang kemungkinan dibawa dari bagian laut yang berbeda.

Teori kemungkinannya adalah ikan-ikan tersebut berasal dari danau bawah tanah yang terbawa saat banjir melanda sebagaian kawasan daerah tersebut.

Nah, bagaiman kalau.. kalau ini mah.. hujan ikan terjadi di Indonesia, tepatnya di kota anda?  Apa yang akan anda lakukan? Sepertinya, tidak akan beda jauh dengan yang dilakukan oleh penduduk kota-kota yang diatas.  Bergegas cari ember, atau gentong malah.. pungutin semua ikannya, bawa pulang, keluar rumah lagi, pungut lagi.. sampai benar-benar hujannya berhenti.

Silahkan komentar jika anda merasa pernah mengalaminya?


This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post