-->

Thursday, March 15, 2018

10 Tanaman Aneh, dan Memang Benar-Benar Ada Lo..!

author photo
Didunia ini banyak sekali keanehan yang terjadi dan memang benar-benar diciptakan.   Salah satunya adalah tanaman.  Banyak tanaman yang memang memiliki bentuk dan buah yang unik.  Berikut ini, adalah 10 tanaman dilansir dari neatorama yang memang memiliki keunikan tersndiri.  So, keep on reading...


1. Pohon Sosis Afrika (Kigelia Africana)

Mendapat namanya dari buah panjang dan tebal yang menggantung dari pohon seperti sosis. Buahnya memiliki konotasi yang berbeda dengan orang Ashanti di Ghana, yang menyebutnya '"The hanging breast tree". 
Nama ini dikonotasikan dengan wanita suku tua yang kehidupannya tanpa henti menyusui anaknya sehingga menjadi yang sangat panjang Ups!


2. Bunga Bintang Laut (Stapelia variegata)

Berasal dari Afrika terlihat seperti bintang laut berwarna coklat dan kuning yang bersarang di pasir. Bunga ini juga berbau seperti binatang mati, yang akibatnya membuat lalat mengira bunga itu adalah benjolan daging busuk, sehingga si lalat memutuskan bahwa ini adalah tempat yang tepat untuk berkeluarga. 
Saat mereka bertelur di permukaan tersebut, mereka secara tidak sengaja menyerbuki bunga pada saat bersamaan.


3. Welwitschia mirabilis, dari padang pasir Namibia

Tanaman ini berasal dari padang pasir Namibia, bisa hidup lebih dari 2.000 tahun, namun batang utamanya tidak pernah tumbuh setinggi lebih dari tiga kaki.
Sebagai gantinya, energi ditransmisikan ke dalam dua daun besar yang tidak pernah jatuh dan terus tumbuh sepanjang umur tanaman. Daunnya bisa sepanjang 20 kaki.



4. The Banyan Tree (Ficus banghalensis)

Pohon ini memiliki lebih dari satu batang. Ketika pohon mencapai ukuran tertentu, ia akan menurunkan akar seperti tali, yang, pada saat mencapai tanah, berakar dan menebal untuk membentuk batang tambahan.
Jadi pohon itu bisa menyebar ke luar hampir tanpa batasan untuk tumbuh terus.

Sebuah Spesimen berusia 200 tahun di Calcutta Botanic Gardens memiliki lebih dari 1.700 batang.  Sementara selama kampanye Alexander Agung India, 20.000 tentara dikatakan telah berlindung di bawah satu pohon beringin.

Pohon ini juga ada di Indonesia dan diberi nama pohon beringin.  Akan tetapi beringin yang ada di Indonesia tidak memiliki untaian akar yang besar seperti pohon bayan di India ini.


5.Tanaman Sensitif (Mimosa pudica)

Dikenal di Indonesia dengan nama bunga Putri-Malu.  Bungan ini akan mengatupkan daunnya jika tersentuh ataupun sengaja di sentuh.
Pose menutup dan terlihat layu tersebut menghalangi hewan penggembalaan untuk memakannya. Sepuluh menit kemudian, ketika bahaya telah berlalu, tanaman tersebut kembali ke posisi tegak seperi sediakala.


6. Puya Raimondii dari Bolivia

Bisa memakan waktu hingga 150 tahun untuk mekar. Dan begitu bunga itu berbunga, segera mati.  Meski merupakan tanaman perdu, tanaman ini memiliki tangkai pohon yang cukup kuat untuk menunjang manusia dewasa.


7. Pohon Grapple (Harpagophytum procumbens) di Afrika Selatan

menghasilkan buah yang menakutkan yang disebut 'Devil's Claw' yang telah diketahui mampu membunuh seekor singa. Buahnya ditutupi dengan kait yang kencang, yang menempel pada hewan yang lewat.

Saat mencoba melepaskan buahnya, secara tidak sengaja hewan itu menyebarkan benihnya, tapi pada saat bersamaan, kaitnya tenggelam lebih dalam ke dalam daging hewan tersebut.  Jika binatang menyentuh buah dengan mulutnya, buah itu akan menempel pada rahang binatang itu, menimbulkan rasa sakit yang luarbiasa dan membuat hewan itu tidak bisa makan seperti biasa. Salah satu binatang yang biasa jadi korbannya adalah Antelop.


8. Sugarbush (Protea repens), bunga nasional Afrika Selatan

tergantung pada kebakaran hutan untuk kelangsungan hidupnya. Ketika benihnya telah dibuahi, mereka terbungkus dalam pernik-pernik tahan api yang tidak akan terbuka kembali sampai api hangus karena api. Saat api telah berhenti menyala, benih yang ada di dalamnya tidak rusak.


9.Pohon Boojum California (Idria columnaris)

Saat mencapai ke atas, batang Pohon Boojum California (Idria columnaris) berangsur-angsur berkurang menjadi tonjolan panjang seperti tentakel.

Terkadang batangnya yang layu terkulai jatuh ke tanah dan berakar sehingga pohon itu membentuk lengkungan yang sempurna. Pohon itu tidak memiliki cabang, tetapi ditutupi oleh batang berduri.


10. Sandbox Tree Amerika Selatan (Hura crepitans)

Ketika buah dari Sandbox Tree Amerika Selatan (Hura crepitans) sudah matang, ia meledak dengan kekuatan sedemikian rupa sehingga benih bisa disebarkan hingga 15 kaki dari batang utama. Ledakan itu sangat keras sehingga bisa menakut-nakuti orang-orang yang tidak curiga sebelumnya saat mereka melewatinya.

Batangnya dipenuhi dengan duri-duri hitam dan tajam.  Karena duri-durinya tersebut, pohon ini disebut juga pohon "Monyet tidak bisa naik" (Monkey no climb). Nelayan menggunakan Getah pedas berwarna putih seperti susu ini untuk meracun ikan dan orang indian menggunakannya sebagai racun pada panah mereka.

Bisa tumbuh hingga 60 meter tingginya.  Dikenal juga sebagai pohon Dinamit, disebabkan suara ledakan yang ditimbulkan saat buahnya matang dan pecah menjadi bagian-bagian kecil.  Kayunya juga baik untuk dijadikan bahan mebel. 

Nah, itu tadi 10 tanaman yang katanya unik dan aneh.   Anda punya daftar yang lain..? Atau anda ingin menambahkannya? Silahkan komentar dibawah ini.. dan sebutkan linknya.. Oke..?

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post